Tips Menjawab Interview Pekerjaan yang Tidak Relevan dengan Jurusan Kuliah

KETIKS.COM – Meskipun sudah berkuliah di jurusan tertentu namun ada beberapa orang yang memilih melanjutkan pekerjaan tidak relevan dengan jurusan kuliah. Misalnya dari jurusan pertanian ingin mendaftar pada bidang komunikasi. Hal tersebut terjadi bisa karena ingin mencoba hal baru maupun mempunyai minat yang besar pada pekerjaan tersebut. (Va)

Namun ada hal yang patut diperhatikan terutama pada tahap interview. Bagaimana jika rekruter mempertanyakan ‘mengapa kamu percaya diri sekali mengambil pekerjaan ini padahal bukan dari jurusan yang relevan?’ Bagaimana cara menjawabnya dengan tetap profesional?

Tips Melamar Pekerjaan Namun Tak Relevan Jurusan Kuliah
Sumber : lifestyle.kompas.com

Melansir dari Video TikTok Vina Mulyana @vmuliana mengenai cara menjawab interview seperti di atas namun tetap terlihat profesional. Berikut tips dan contoh untuk jurusan pertanian yang akan melamar pada bidang komunikasi:

1. Ceritakan Passion dan Tujuan Karir

Meskipun bukan dari jurusan yang relevan, apabila mempunyai passion yang besar dan menjabarkan dengan detail dan percaya diri perihal tujuan tentu membuat rekruter akan berpikir bahwa kandidat memiliki minat yang tinggi dan bisa memberikan benefit dalam pekerjaan tersebut.

Contoh : Benar bu, saya memang bukan berasal dari jurusan komunikasi, tetapi saya memiliki passion yang besar di bidang ini dan memiliki visi untuk berkarir di perusahaan ini.

2. Tunjukkan Penguasaan Bidang Lewat Hobi atau Pengalaman Organisasi

Misalnya ingin melamar pekerjaan bidang komunikasi, bisa tunjukkan penguasaan bidang dalam organisasi yang relevan seperti ikut kegiatan jurnalistik kota, mengikuti lomba dan lain-lain.

Contoh : Selam kuliah saya bergabung dalam organisasi pers dan mempunyai hobi menulis. 

3. Tekankan Value diri dan Komitmen pada Pekerjaan

Buatlah rekruter merasa terkesan dengan value yang ditunjukkan namun tidak boleh terkesan besar kepala. Rasa yakin akan berkomitmen dengan baik dalam pekerjaan juga akan menjadi nilai plus saat interview.

Contoh : Saya percaya hal tersebut bisa memberikan saya skill yang dibutuhkan. Background saya yang berasal dari pertanian saya juga bisa menjadi nilai plus.

4. Selaraskan dengan Nilai atau Value Perusahaan

Tiap perusahaan baik start-up maupun company konvensional tentu memiliki valuenya masing-masing. Hal tersebut bisa dikaitkan dan diselaraskan dengan visi misi yang akan diberikan kepada perusahaan.

Contoh : Hal ini selaras dengan nilai perusahaan yang mendukung keberagaman dan motivasi pegawai untuk terus belajar.

 

Itu dia tips yang bisa menjadi inspirasi apabila ingin melamar pekerjaan yang tidak relevan dengan jurusan kuliah namun tetap terlihat profesional. Semoga tips ini dapat membantu dan jangan risau. Yakinlah dengan value diri sendiri. Good Luck!

Sumber : Video TikTok @vmuliana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *