pengertian dan contoh Par,Birdie,Bogey,Double Bogey,Eagle,Condor,Albatross,dan Tripple Bogey

KETIKS.COM – Dalam dunia golf, Par,Birdie,Bogey,Double Bogey,Eagle,Condor,Albatross,dan Tripple Bogey disebut sebagai scoring atau nilai dalam permainan golf. Scoring dihitung pada tiap pukulan. Yang paling sedikit memukul dalam memasukan bola golf ke lubang maka ialah pemenangnya. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini pengertian dan contoh Par,Birdie,Bogey,Double Bogey,Eagle,Condor,Albatross,dan Tripple Bogey;

Par 

Par adalah istilah yang digunakan untuk jarak dari tee ke green, dan menghitung jumlah pukulan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pegolf terampil untuk mencapai green dengan tambahan 2 putt. Jadi,Misalnya pada Hole Par 3 maka pegolf biasanya melakukan satu pukulan untuk mencapai green dan kemudian dua pukulan putt untuk memasukkan bola ke dalam hole. Atau lebih sederhananya jika kamu bermain pada Par 4 maka untuk mencetak skor par maka kamu harus melakukan 4 pukulan untuk memasukan bola kedalam hole.

Untuk pria, hole par-3 biasanya memiliki panjang kurang dari 250 yard (230 m), dengan hole par-4 berkisar antara 251–450 yard (230–411 m), dan hole par-5 lebih panjang dari 450 yard (410 m); Untuk wanita maka batasan ini lebih rendah pria, dan bagi para profesional memiliki batasan yang jauh lebih tinggi dari pria . Par-6s yang langka dapat membentang lebih dari 650 yard (590 m). Jarak ini didasarkan pada jarak tempuh pegolf gores tipikal antara 240 dan 280 yard (220 dan 260 m).

Birdie

Birdie adalah skor satu pukulan kurang dari par atau -1 dari par. Biar gampang maka Rumusnya itu (jumlah pukulan sampai bola masuk) – Par . Jadi, misalkan kamu bermain pada par 4 dan kamu memasukan bola dengan 3 pukulan maka (3) – 4 = -1 sehingga hal itu disebut Birdie. Coba perhatikan tabel dibawah ini sebelum lanjut ke poin berikutnya

Numeric TermIstilahDefinisi
-4Condor4 strike kurang dari par
-3Abatross/Double Eagle3 strike kurang dari par
-2Eagle2 strike kurang dari par
-1Birdie1 strike kurang dari par
EEqual to Parequal atau sama dengan par
+1Bogey1 strike lebih dari par
+2Double Bogey2 strike lebih dari par
+3Tripple Bogey3 strike lebih dari par

Misal sekarang kamu bermain pada Hole par 4 lalu kemudian kamu memasukan bola dengan 3 pukulan maka berdasarkan rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu (jumlahpukulan sampai bola masuk) – Par maka (3) – 4 = -1 sehingga jika kita lihat pada tabel diatas maka -1 termasuk kedalam Birdie.

Eagle

Eagle adalah skor dua pukulan kurang dari par atau -2 dari par. Rumus perhitungannya masih sama seperti yang sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 4 kemudian kamu memasukan bola hanya dengan 2 pukulan maka (2) – 4 = -2 sehingga termasuk kedalam Eagle.

Abatross/Double Eagle

Abatross/Double Eagle adalah skor tiga pukulan kurang dari par atau -3 dari par. Rumus perhitungannya masih sama seperti sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 5 kemudian kamu memasukan bola hanya dengan 2 pukulan maka (2) – 5 = -3 sehingga termasuk kedalam Albatross/Double Eagle. 

Condor 

Condor adalah skor 4 pukulan kurang dari par atau -4 dari par. Rumus perhitungannya masih sama seperti sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 6 kemudian kamu memasukan bola hanya dengan 2 pukulan maka (2) – 6 = -4 sehingga termasuk kedalam Condor. 

Bogey

Nah untuk Bogey itu adalah skor 1 pukulan lebih dari par atau +3 dari par. Artinya jika kamu bermain pada hole par 4 lalu kamu kemdian memasukan bola dengan 5 pukulan maka itu disebut Bogey. Rumus perhitungannya masih sama seperti sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 5 kemudian kamu memasukan bola dengan 6 pukulan maka (6) – 5 = +1 sehingga termasuk kedalam Bogey. 

Double Bogey

Double Bogey adalah skor 2 pukulan lebih dari par atau +2 dari par. Rumus perhitungannya masih sama seperti sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 4 kemudian kamu memasukan bola dengan 6 pukulan maka (6) – 4 = +2 sehingga termasuk kedalam Double Bogey. 

Tripple Bogey

Tripple Bogey adalah skor 3 pukulan lebih dari par atau +3 dari par. Rumus perhitungannya masih sama seperti sebelumnya ya. Misal Kamu bermain pada hole par 4 kemudian kamu memasukan bola dengan 7 pukulan maka (7) – 4 = +3 sehingga termasuk kedalam Tripple Bogey. 

 

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian dan contoh Par,Birdie,Bogey,Double Bogey,Eagle,Condor,Albatross,dan Tripple Bogey. Jangan lupa like dan share postingan ini ya

 

Baca Juga : apple iphone 12 resmi dirilis di dunia

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *