Charles Geschke

KETIKS.COM – Baru baru ini, terdengar kabar duka dari dunia teknologi. Pendiri Adobe sekaligus pengembang PDF, Charles Geschke dikabarkan telah meninggal dunia di California pada hari jumat (16/4/2021).

Di usianya yang sudah 81 tahun, ia telah meninggalkan tiga orang anak, tujuh orang cucu, serta satu orang istri yang sangat ia cintai, Nancy Nan Geschke.

Kabar ini didapat dari email perusahaan Adobe yang ditulis oleh Shantanu Narayen selaku CEO Adobe saat ini kepada karyawannya. Berikut kutipannya.

“This is a huge loss for the entire Adobe community and the technology industry, for whom he has been a guide and hero for decades,” (“Ini merupakan kerugian besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade,”)

Charles Geschke lahir pada 11 September 1939 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang pengusaha dan ilmuwan komputer.

Sebelum mendirikan Adobe, Geschke sempat bekerja sebagai programmer di perusahaan hardware asal Amerika Serikat, Xerox Palo Alto Research Center pada 1972. Disitulah Geschke pertama kali bertemu dengan John Warnock.

Satu tahun berselang tepatnya 1982, Geschke beserta John Warnock meninggalkan Xerox dan mendirikan Adobe. Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan industri desktop saat itu.

Geschke menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Adobe sejak Desember 1986 hingga Juli 1994. Geschke kemudian pensiun dari Adobe pada April 2000, tak lama setelah John Warnock mundur dari jabatannya sebagai CEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *