Hari tentara nasional indonesia

KETIKS.COM – 5 oktober? saat kita dengar tanggal tersebut mungkin itu sudah tidak asing lagi kita dengar oleh telinga kita. Karena Ya! itu adalah Hari yang sangat bersejarah karena Pada tanggal itu merupakan Hari Tentara Nasional Indonesia. Dan pada Hari ini 5 oktober 2020 adalah Peringatan Hari Tentara Nasional Indonesia yang ke-75.

 

Hari tentara nasional indonesia
source image : siaran Youtube Sekretariat Presiden saat menyiarkan LIVE Upacara Peringatan Hari TNI yang ke-74 pada tahun 2019.

 

Mengapa 5 oktober dijadikan sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia? Pada Awalnya Negara Indonesia sama sekali tidak mempunyai kesatuan dalam tentara. Dalam sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan pembentukan Badan Keamanan Rakyat atau BKR dan Presiden pada waktu itu mengumumkannya pada tanggal 23 agustus 1945. Namun, bukanlah sebagai suatu organisasi kemiliteran atau tentara yang resmi.

Badan Keamanan Rakyat atau BKR baik pusat maupun daerah berada fi bawah wewenang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan KNI Daerah tidak berada fi bawah perintah presiden sebagai panglima tertinggi angkatan perang. BKR juga tidak berada fi bawah koordinasi Menteri Pertahanan. Yang mana BKR hanya tersiapkan untuk memelihara keamanan setempat agar tidak menimbulkan kesan bahwa Indonesia menyiapkan untuk memulai peperangan menghadapi Sekutu.

Oleh karenanya, Melalui Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945, BKR terubah menjadi TKR atau Tentara Keamanan Rakyat. Dan Pada tanggal 7 Januari 1946, TKR atau Tentara Keamanan Rakyat berubah lagi namanya menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Yang Kemudian Setelah itu pada tanggal 26 Januari 1946, terubah lagi menjadi TRI atau Tentara Republik Indonesia.

Dan Sejak tanggal 5 Oktober 1959 yang mana merupakan Hari Angkatan Perang, yang mana pada saat ini disebut sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia. Adalah hari nasional yang bukan hari libur dan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 pemerintah Indonesia menetapkan Hari tersebut sebagai untuk memperingati sejarah peristiwa kelahiran angkatan bersenjata Indonesia.

 

Baca Juga : 4 Oktober : Hari Binatang Sedunia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *