KETIKS.COM – Setiap orang tentu memiliki idolanya masing-masing. Entah itu idola dalam hal bernyanyi, akting, menari dan sebagainya. Tentunya saat seseorang memiliki idola akan merasa bahagia apabila ada hal baik yang terjadi kepadanya. Namun apa yang terjadi di Jepang ini lain daripada yang lain. (Va)

Melansir dari CNN Indonesia Baru-baru ini viral sebuah perusahaan Sebuah perusahaan kreatif yang bergerak di bidang video musik dan iklan TV di Jepang membolehkan karyawan mengambil cuti duka selama sepuluh hari jika artis idola mereka menikah atau pensiun.

Ilustrasi Sang Oshi Menikah
Sumber : asianwiki.com

Mengingat di Jepang terkenal dengan budaya gila kerjanya yang kurang sehat. Founder dan CEO perusahaan, Shizen Tsurumi mengunggah pada akun Twitter-nya bahwa perusahaannya memberikan hak kepada karyawannya untuk mendapatkan cuti berbayar saat idola favorit mereka menikah atau pensiun dari indutri hiburan. (Kompas.com)

Selanjutnya melansir dari Kompas.com, hak Liburan ini bernama Sistem Liburan Oshi. Penamaan Oshi ini berasal dari istilah penyebutan idola oleh komunitas-komunitas penggemar suatu idola dalam menggambarkan idola mereka.

Macam-macam Sistem Liburan Oshi

Sistem liburan Oshi ada beberapa bagian. Untuk idola yang pensiun, perusahaan memberikan hak untuk karyawan berupa cuti 3-10 hari. Karyawan dapat mengambil cuti 10 hari ketika idola paling favorit mereka pensiun. Sedangkan untuk oshi yang berada di urutan favorit ke-2 atau lebih rendah lagi, karyawan memiliki hak cuti 3 hari.

Tidak hanya ketika sang idola pensiun, karyawan juga mendapatkan hak cuti berbayar 10 hari ketika idola mereka menikah. Hak 10 hari cuti ketika idola menikah dapat digunakan karyawan secara terpisah, yaitu saat idola itu bertunangan dan sisa harinya bisa digunakan saat idola itu melangsungkan upacara pernikahan.

Masih ada lagi, sistem liburan oshi ini juga memberikan hak kepada karyawan untuk meminta waktu libur untuk menghadiri konser idolanya dan acara meet and greet sang idola. Untuk mendapatkan izin cuti pun tidak memerlukan waktu lama, sehingga memungkinkan untuk mengajukan izin secara mendadak saat idola mereka mengumumkan acara beberapa jam sebelum dimulai.

Konon, adanya Sistem Liburan Oshi ini agar karyawan tetap produktif dan bahagia. Bagaimana menurutmu?

 

Baca Juga : Mengenal Edo Furin, Lonceng Angin Khas Musim Panas dari Tokyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *