apakah virus dapat bocor dari laboratorium?

KETIKS.COM – Apakah virus dapat bocor dari laboratorium?

Virus dapat menyebar dengan berbagai kemungkinan. Salah satu nya adalah dengan  melalui organisme pembawa penyakit. Misalnya, virus sering ditularkan dari tumbuhan ke tumbuhan oleh serangga yang memakan getah tumbuhan, seperti kutu daun, lalu virus pada hewan dapat dibawa oleh serangga penghisap darah seperti nyamuk. Virus influenza menyebar melalui batuk dan bersin. Norovirus dan rotavirus yang merupakan penyebab umum gastroenteritis viral, ditularkan melalui jalur fekal-oral, yang mana melalui kontak tangan ke mulut atau dalam makanan atau air.

Kemudian HIV adalah salah satu dari beberapa virus yang ditularkan melalui hubungan seksual dan melalui paparan darah yang terinfeksi. Variasi sel inang yang dapat tertular oleh virus disebut “kisaran inang”. Kemudian Ini bisa sempit, artinya virus mampu menginfeksi beberapa spesies.

Namun bagaimana denga corona virus atau Covid-19 yang menjadi perhatian utama. Apakah covid-19 berasal dari kebocoran laboratorium?

Mengacu pada Corona Virus atau Covid-19 Para teoritis banyak berdebat mengenai merebaknya virus di bumi. Beberapa berpendapat bahwa virus Covid-19 yang mewabah berasal dari laboratorium yang bocor. Namun apakah hal itu benar?

Peter Ben Embarek, kepala misi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan bahwa “sangat tidak mungkin” virus itu bocor dari laboratorium di kota Wuhan, China.

Kemudian Sebuah tim ahli internasional yang menyelidiki asal-usul Covid-19 telah menolak teori bahwa virus itu berasal dari laboratorium. Mereka mengatakan bahwa virus Covid-19 bukan berasal dari laboratoium yang bocor.

Dapat disimpulkan bahwa Mengacu pada kasus Covid-19 maka sampai saat ini masih belum ada bukti bahwa virus terutama Covid-19 berasal dari kebocoran laboratorium.

 

Lihat juga : Apakah vaksin dapat menghentikan orang terinfeksi virus ?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *