KETIKS.COM – Sony a7 vs Sony a6400 manakah yang lebih worth-it? atau manakah yang harus dibeli?. Sudah mulai memasuki penghujung tahun 2020 namun kedua kamera tersebut selalu timeless. Selalu layak menjadi pertimbangan ketika kita akan membeli sebuah kamera. Kedua nya saat ini memiliki rentang harga yang terbilang mirip-mirip. Sehingga dengan budget harga yang mirip akan membuat kita bingung mana yang harusnya dibeli.

Harga Sony a7 pada akhir november 2020 ini  sekitar Rp.12 juta dengan lensa kit. Dan untuk sony a6400 sekitar Rp. 11 juta body only dan sekitar Rp.13 juta dengan lensa kit.

Jika ditanya Sony a7 vs Sony a6400 Mana yang lebih worth-it, maka sebenarnya itu tergantung terhadap kebutuhan kita. Jika kita ingin merasakan bagaimana rasanya sebuah Full-Frame, maka Sony a7 terbilang worth-it untuk dibeli. Tapi, jika kita ingin fitur yang lengkap, yang terbaru, yang canggih, maka sony a6400 adalah yang lebih worth-it. Jadi, semuanya tergantung dengan kebutuhan kita. Namun sebagai pertimbangan yang lebih lanjut dan lebih detail kami akan menjelaskan Sony a7 dan juga Sony a6400 ini.

  1. Sony a7

sony a7 vs sony a6400

Sony a7 ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai filming dan photography. Karena dengan sensor Full Frame 24,3 MP 35mm yang tertanam dalam kamera ini mampu menyajikan kualitas yang tidak bisa ditandingi oleh kamera dengan sensor APS-C. Jika kamu ingin membuat sebuah video dengan sony a7 ini maka sony a7 ini sudah dilengkapi dengan input yang bisa kamu pasang dan juga yang tidak kalah penting adalah input audio. Dengan input audio maka kamu bisa mengontrol semua audio yang masuk saat sedang dalam perekaman. Sehingga audio yang dihasilkan nantinya dapat terkontrol dan sesuai harapan.

Namun, ketika kamu membuat video dengan a7 ini maka kamu akan menemukan sejumlah fitur yang sangat minim tidak seperti sony a6400 yang mempunya fitur berlimpah seperti S-Log yang sangat berguna ketika color grading. Tapi ingat a7 ini Full-Frame jadi walaupun fitur minim tapi bisa merasakan sensasi yang tidak bisa didapatkan oleh sensor aps-c seperti sony 6400. Lalu, Jikakita membicarakan sebuah kamera untuk photography dan pemotretan maka tentu Sony a7 jauh lebih unggul dibandingkan dengan sony a6400. Kalau kamu ingin sebuah kamera untuk pemotretan maka sudah pasti jawabannya adalah Sony a7. Tapi kalau untuk video, bisa jadi a7 ataupun bisa jadi sony a6400. Karena, fitur yang dimiliki sony a6400 sangat menunjang creativitas saat membuat sebuah video.

2. Sony a6400

image by : thephoblographer.com

Sony a6400 ini sangat cocok buat kamu yang suka buat video vlogging dan membuat filming tanpa adanya tim. Walaupun sensor yang tertanam hanya APS-C namun, fitur S-log, H-log, gamma, dan lain-lain akan sangat membantu dalam pemrosesan video. Ditambah lagi, jika kamu ingin color grading video yang kamu buat maka sony a6400 lebih baik dibandingkan sony a7. Sony a6400 ini sudah dilengkapi dengan mic input namun belum dilengkapi oleh audio input seperti sony a7. Sehingga kamu tidak bisa mengontrol audio yang masuk saat melakukan perekaman.

Sebenarnya jika hanya untuk produksi video youtube maka audio input tidak begitu penting dibandingkan mic input. Namun, jika untuk filming yang serius maka kamu akan kewalahan jika tidak ada audio input. Keunggulan lain ada pada layar yang bisa di flip. Sehingga untuk vlogging sangat mudah dibandingkan dengan a7 yang layarnya tidak bisa di flip. Jika kita membicarakan photography maka tentu sony a7 lebih baik dibandingkan dengan sony a6400.

Jika kami disuruh memilih antara sony a7 dengan sony a6400 maka kami akan memilih sony a7. Karena sensor a7 memiliki sensor Full-Frame. Kapan lagi bisa mendapatkan kamera Full-Frame seharga APS-C? benar bukan?. Ditambah lagi karena kami lebih sering menggunkannya untuk pemotretan dibandingkan dengan videography. Kelemahan Sony a7 ada pada videography yang terletak pada auto fokus dan lowlight yang jelek. Sehingga jika kalian menggunakan kamera untuk videography dan mengandalkan auto fokus dan low light maka sony a6400 dapat menjadi pilihan.

3. Kesimpulan

-Sony a7 sangat cocok bagi kalian yang gemar dengan photography dan juga sering melakukan pemotretan. Dan juga Sony a7 sangat bisa diandalkan jika membuat filming serius.

-Sony a6400 sangat cocok bagi kalian yang gemar dengan videography untuk produksi konten youtube. Dan juga sony a6400 cocok untuk kalian yang suka vlogging karena auto fokus yang sangat baik dan ditambah dengan layar yang bisa di flip. Untuk suara tidak perlu khawatir karena sudah ada mic input nya.

 

Lihat juga : Iphone 12 Mini vs Iphone 11 Mana yang lebih Worth-it?

One thought on “Sony a7 vs Sony a6400 Manakah yang Harus Dibeli?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *