KETIKS.COM – Sumpah pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini betujuan sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Pada dasarnya, hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober tiap tahunnya.

 

Tapi kenapa sih hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober? Yuk kita simak artikel berikut ini!

 

Maksud dari Sumpah Pemuda itu sendiri berasal dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang terselenggara selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan tersebut bertujuan untuk menegaskan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, serta bahasa Indonesia. Rakyat Indonesia juga berharap agar keputusan ini dapat menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Namun, istliah Sumpah Pemuda itu sendiri tidak muncul langsung dalam keputusan kongres tersebut, melainkan setelahnya.

 

Naskah asli keputusan kongres pemuda Indonesia (Naskah Sumpah Pemuda) yang berada pada Museum Sumpah Pemuda.

 

Moehammad Yamin menuliskan rumusan Kongres Sumpah Pemuda pada secarik kertas yang lalu diserahkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Pada awalnya Soegondo membacakan isi sumpah tersebut lalu setelah itu Yamin menjelaskannya dengan panjang-lebar.

 

Simak Juga : Komodo Hadang Sebuah Truk Besar? Apa yang Terjadi?

 

Dan pada akhirnya. Sejak tahun 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *