KETIKS.COM – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Pada hari ini, peringatan Hari Guruh Nasional sudah memasuki tahun yang ke-75. Hari Guru biasanya diperingati dengan cara memberikan apresiasi kepada para guru baik itu PNS ataupun honorer.

Namun, bagaimana sih sejarah Hari Guru ini? Yuk kita simak artikel berikut ini!

 

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) telah berdiri saat setelah pendirian PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda) yang didirikan Belanda pada tahun 1912. PGHB terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan juga pemilik sekolah dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Walaupun memiliki banyak tantangan untuk mempertahankan organisasi tersebut. PGHB merupakan sebuah jalan untuk mengembangkan organisasi keguruan di Indonesia.

 

Dokumentasi guru-guru Indonesia pada masa pemerintahan Belanda, Source Image : LiterasiPublik

 

Pada tahun 1932, PGHB telah resmi berubah nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia). Hal ini tentunya telah mengejutkan dan menarik perhatian dari kepemerintahan Belanda.

Akan tetapi pada zaman penjajahan Jepang. PGI dilarang untuk beraktivitas sebagaimana mestinya dan semua sekolah yang ada telah ditutup. Setelah Indonesia merdeka yakni pada tanggal 17 Agustus 1945, para anggota PGI telah terinspirasi untuk mengadakan Kongres Guru Indonesia yang terselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

 

Simak Juga : Google Doodle : Mengenang Sosok Tino Sidin

 

Dalam kongres ini, segala macam bentuk organisasi dan kelompok guru yang berdasarkan atas perbedaan status pendidikan, lingkungan daerah dan pekerjaan, politik, agama, serta suku telah sepakat untuk dihapuskan. Pada kongres ini juga telah ada kesepakatan bahwa PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) berdiri.

Sejak saat itu, pemerintah telah membuat kebijakan dalam bentuk Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang berisikan penetapan hari lahir PGRI yaitu pada tanggal 25 November sebagai hari Guru Nasional.

One thought on “25 November : Hari Guru Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *