KETIKS.COM – Hari ini, tepatnya pada tanggal 12 November 2020, merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN). HKN terbentuk agar masyarakat dapat menyadari bahwa betapa pentingnya pembangunan lingkungan yang sehat itu. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

 

Sejarah Singkat

 

Bermula pada tahun 1950an, telah terjadi sebuah wabah penyakit malaria yang dapat menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Penyakit ini hampir menyerang seluruh daerah di Indonesia. Karena kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Pada tahun 1959, pemerintah membentuk Dinas Pembasmi Malaria. Lalu dinas ini kemudian berubah nama menjadi KOPEM pada tahun 1963.

Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah yang juga bekerja sama dengan USAID dan WHO . Bersama-sama, mereka berencana untuk menghilangkan malaria di Indonesia pada tahun 1970. Pemberantasan ini dilakukan dengan obat DDT yang disemprotkan secara masal. Hal ini tercapai pada tahun 1964, di mana 63 juta orang telah terlindungi dari penyakit malaria. Keberhasilan inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

 

Simak Juga : Epic Games Membagikan 2 Game Gratis Bertema Horror

 

Hari Kesehatan Nasional 2020

 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. HKN tahun ini diselenggarakan dengan cara daring atau online.

Mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19“. Pilihan tema tersebut semata-mata merupakan sebuah seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat untuk terus berjuang keras menyelamatkan bangsa pada masa pandemi Covid-19.

Tagar #Gerakan56Detik juga sedang ramai diperbincangkan pada sosial media Twitter.

Tagar tersebut merupakan sebuah gerakan yang berasal dari Pemerintah tepatnya Kemenkes Republik Indonesia pada saat peringatan HKN.

Kampanye ini berujuan untuk memberikan penghargaan bagi para tenaga kesehatan yang menjadi telah berjuang selama beberapa bulan terakhir untuk memerangi Covid-19, serta masyarakat yang sudah menjalani protokol kesehatan dengan baik.

Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta kesehatan diri kamu. Ayo bersama kita saling bahu membahu memerangi pandemi covid-19 ini.

2 thoughts on “12 November : Hari Kesehatan Nasional (HKN)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *