KETIKS.COM – Pada tanggal 7 Oktober 2020 yang lalu. Sony Playstation telah mengupload sebuah video yang mengungkap isi hardware yang terdapat pada konsol terbarunya, yaitu Playstation 5.

Pada video tersebut terlihat seorang pria yang bernama Yasuhiro Ootori. Beliau menjabat sebagai Vice President of Mechanical Design dari Sony Interactive Entertainment yang bekerja pada Hardware Design Division. Beliau menjelaskan bagian-bagian yang terdapat pada Playstation 5 secara rinci pada video ini.

Ingin tau apa saja yang beliau jelaskan? Yuk, kita simak artikel berikut ini!

 

Ukuran Konsol

 

Sony Playstation sudah mengkonfirmasi bahwa ukuran dari konsol ini memiliki lebar 104mm, tinggi 390mm, dan memiliki kedalaman sebesar 260mm. Tentunya ukuran PS5 jauh lebih besar ketimbang PS4.

 

Lihat Juga : Playstation+ : Game Gratis di Bulan Oktober 2020

 

Konektivitas

 

Pada bagian depan konsol, terdapat 2 lubang colokan USB. Yang pertama ada USB Type-C yang memiliki kecepatan memproses data hingga 10Gbps dan yang kedua adalah USB Type-A yang sudah dilengkapi dengan Hi-Speed USB support.

Pada bagian belakang pula terdapat 2 lubang USB Type-A yang sama-sama memiliki fitur SuperSpeed USB sebesar 10Gbps. Ada juga lubang untuk kabel LAN, HDMI, dan juga power.

 

Desain

 

Dari segi desain, konsol ini memang sangat terlihat eyecatching dan futuristic. Selain dari segi penampilan, pada bagian depan kita bisa melihat ada dua baris ventilasi udara untuk memberikan akses udara masuk. Pada bagian belakang pula terdapat banyak lubang ventilasi udara yang berguna untuk akses udara keluar, sehingga dapat berguna untuk mengontrol suhu pada konsol.

Playstation juga memberikan sebuah housing atau dudukan yang dapat dibongkar pasang untuk konsolnya agar bisa kita simpan dengan mudah.

 

Fanart tampilan konsol Playstation 5 yang bertema Cyberpunk2077, Image Source : Pinterest

 

Pada bagian cover pada konsol ini bisa kita lepas dengan mudah, hanya butuh mengankat sedikit cover bagian belakang lalu geser. Pada bagian ini terlihat sepertinya kedepannya kita dapat mengcustom konsol kita sendiri karena cover dapat kita bongkar pasang.

 

Hardware

 

Konsol ini memiliki slot NVMe SSD yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan tempat penyimpanan jika masih terasa kurang. Tidak ada tipe khusus untuk slot SSD ini, jadi kita bisa menggunakan NVMe SSD yang biasa kita gunakan pada PC atau Laptop.

Sudah terpasang Ultra HD Blu-ray Drive Unit.

Pada motherboardnya, Konsol ini menggunakan AMD Ryzen Zen 2 sebagai CPU nya dan RDNA 2 AMD Radeon sebagai GPU. Memiliki 8 unit GDDR6 System Memory (RAM) sebesar 16GB dan dapat dioverclock hingga 448GB per detik.

Konsol ini juga sudah memiliki liquid metal yang berguna untuk mengontrol suhu dari SoC hingga heatsink.

2 thoughts on “Sony Playstation Mengungkap Isi Hardware PS 5”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *