KETIKS.COM – Kim Hanbin atau akrab disapa B.I secara resmi dijatuhi hukuman percobaan 4 tahun atas kasus konsumsi narkoba.

Hari ini (10/9) Pengadilan Seoul Pusat menggelar sidang kasus narkoba B.I dengan agenda pembacaan vonis hakim.

B.I divonis dengan hukuman percobaan 4 tahun dan penjara 3 tahun, yang artinya jika dalam masa percobaan 4 tahun ini B.I mengulangi perbuatannya, maka ia akan dipenjara selama 3 tahun.

Selain itu, B.I juga dijatuhi hukuman pekerjaan sosial selama 80 jam, mengikuti kelas tentang narkotika selama 40 jam, dan denda 1,5 juta won.

Majelis hakim menyatakan, “Tindakan tersebut tidak bisa dinilai sebagai hanya karena rasa penasaran. Kasus narkoba yang dilakukan selebritis berpengaruh lebih besar di masyarakat dan pemuda daripada kasus narkoba orang biasa.”

Majelis hakim mempertimbangkan B.l yang mengakui dan merenungi perbuatannya, tidak punya catatan kriminal lain sebelumnya, dan orang tuanya yang berjanji mengawasinya.

Bulan Mei lalu, B.I diketahui sempat didakwa atas kasus pembelian obat terlarang jenis ganja dan LSD pada tahun 2016 dan menggunakan beberapa obat terlarang tersebut.

Kemudian pada 27 Agustus 2021, jaksa mengatakan bahwa B.I telah menggunakan ganja sebanyak tiga kali dari bulan Maret 2016 hingga April 2016, dan juga membeli obat terlarang jenis LSD.

B.I mengakui kesalahannya.

Dalam persidangan pertamanya, B. I menyatakan:

“Di masa lalu aku melakukan kesalahan yang bodoh. Waktu itu aku masih muda dan berpikiran pendek, serta sangat bodoh.

Aku juga menyakiti perasan keluargaku dan sempat berpikir tidak ingin hidup lagi, tapi berkat kasus ini membuatku melihat kembali di sekitarku. Aku tidak akan melakukan kesalahan bodoh yang sama seperti ini lagi.

Ke depannya aku akan merenungi diri dan melihat diriku ke belakang. Aku ingin melindungi orang-orang yang berharga bagiku.”

Kuasa hukum B.I dalam pembelaannya menyatakan, “B.I mengakui kesalahannya dan merenungi perbuatannya yang menyebabkan kontroversi di masyarakat.

Ia melakukan tindak kriminal ketika masih belum lama menginjak usia dewasa. la berbuat salah karena penasaran dan salah penilaian.

B.I tidak punya catatan kriminal lain setelah debut sebagai penyanyi ia sudah sering berdonasi dan menjalani kegiatan sukarela.

Keuntungan dari albumnya yang belum lama ini dirilis digunakan untuk project donasi dan kedepannya akan terus seperti itu.”

B.I memutuskan hengkang dari IKON dan YG Entertainment pada pertengahan tahun 2019 dikarenakan kasus narkobanya. Saat ini B. I berada di bawah naungan 131 Label.

Baca Juga :

Sumber : Coppamagz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *