Makoto Shinkai

KETIKS.COM – Siapa tidak mengenal Makoto Shinkai? Sutradara berumur 48 tahun asal Jepang dari beberapa anime yang terkenal karena visual yang diciptakanya dapat memanjakan mata penontonnya. Makoto Shinkai tidak pernah membuat kecewa penonton dengan garapan animenya yang bahkan menembus pasar internasional. Tidak heran jika Makoto Shinkai namanya terkenal dalam dunia anime. (Va)

Makoto Shinkai
Sumber : goikuzo.com

Makoto Shinkai sukses besar dalam dua film anime terakhir yang ia garap yaitu Your Name dan Weathering with You. Kedua film tersebut sangat sukses di pasaran baik nasional maupun internasional. Dalam visual tersebut yang menjadi ciri khas Makoto Shinkai adalah ia selalu membuatnya terlihat sangat nyata dengan perpaduan warna yang sangat sesuai dan mendekati potret asli dunia. Berikut empat rekomendasi film anime garapan Makoto Shinkai yang bisa temani akhir pekanmu.

Empat Rekomendasi Film Anime Makoto Shinkai

1. Weathering with You

Weathering with You atau Tenki no Ko (天気の子) adalah film anime garapan Makoto Shinkai terbaru yang tayang pada bulan Agustus 2019 kemarin. Berkisah tentang seorang anak laki-laki dan perempuan yang sepertinya sudah ditakdirkan untuk bersama, lebih dari sekadar teman. Kehadiran Hodaka Morishima (Kotaro Daigo) di Tokyo. Pelarian tersebut tak berjalan lancar karena terbentur masalah ekonomi dan personal. Hal itu membuatnya sempat menggelandang di distrik Kabukicho. Di sana ia bertemu dengan Hina Amano (Nana Mori). Hina merupakan seorang yatim piatu yang tinggal dengan adik laki-lakinya, Nagi. Hina ternyata memiliki kekuatan super setelah mengunjungi kuil terlantar sebelumnya. Ia mampu mengembalikan cahaya matahari ketika cuaca mendung, bahkan hujan badai. Akankah keduanya mendapatkan akhir yang bahagia? (femaleradio.co.id)

Siapa yang peduli jika kita tidak dapat melihat matahari bersinar lagi?

Aku menginginkanmu lebih dari langit biru, cuaca pun bisa jadi menggila!

Hodaka di Weathering with You.

2. Your Name

Your Name atau Kimi no Na Wa (君の名は) adalah film anime Makoto Shinkai yang tayang pada Desember 2016. Your Name berhasil melambungkan nama Makoto Shinkai sampai kancah internasional. Berkisah tentang seorang perempuan bernama Mitsuha Miyamizu (Mone Kamishiraisi) yang bertukar jiwa dengan seorang laki-laki bernama Taki Tachibana (Ryunosuke Kamiki). Keadaan menjadi semakin membingungkan karena keduanya tinggal di tempat yang berbeda. Mitsuha tinggal di daerah pegunungan, sedangkan Taki di Tokyo. Keduanya berusaha untuk bertemu dengan mencari tahu satu sama lain dan mencoba beragam komunikasi. Ternyata, hubungan mereka tidak semudah itu. Akankah keduanya bisa saling bertemu? (kumparan.com)

Dimanapun kau berada, aku pasti akan datang untuk menemuimu.

Taki di Your Name.

3. The Garden of Words

‘The Garden of Words’ atau Kotonoha no Niwa (言の葉の庭) adalah film Makoto Shinkai yang tayang pada tahun 2013. Dengan visual yang dominan berwarna hijau dan berlatar hujan. Menceritakan tentang hubungan seorang cowok berusia 15 tahun yang bernama Takao Akizuki (Miyu Irino) dengan Yukari Yukino (Kana Hanazawa), seorang guru berusia 27 tahun. Keduanya selalu bertemu di sebuah taman di kawasan Shinjuku, Tokyo, saat musim hujan. Awalnya, Takao sibuk menggambar sketsa desain sepatu yang merupakan kegemarannya, dan Yukari memilih untuk menikmati hujan sambil minum bir dan makan cokelat, keduanya akhirnya berbincang hingga timbul rasa suka. Akankah kehidupan mereka berjalan dengan mulus? (kumparan.com)

Sambaran petir yang samar,
Meski hujan tak kunjung turun,
Aku tetap di sini,
Bersama dirimu.

Takao di The Garden of Words
dari Man’yōshū, Book 11, verse 2,514

4. 5 Centimeters per Second

5 Centimeters per Second atau Byōsoku Go Senchimētoru (秒速5センチメートル) adalah film karya Makoto Shinkai yang sudah cukup lawas karena tayang pada tahun 2007. Kisah dalam film 5 Centimeters Per Second diceritakan dalam tiga bagian, “Cherry Blossom”, “Cosmonaut”, dan “5 Centimeters per Second”.

Dibuka dengan bagian “Cherry Blossom”, kisah bermula saat Takaki Toono (Kenji Mizuhashi) bersahabat dengan Akari Shinohara (Yoshimi Kondo) pada 1991. Saat itu Takaki masih duduk di bangku sekolah dasar dan Akari merupakan murid baru di sekolahnya. Sayangnya, selepas lulus SD pada 1994, Akari harus pindah ke Prefektur Tochigi karena pekerjaan orang tuanya. Walaupun awalnya sempat rajin berkirim surat kepada satu sama lain, pada akhirnya hubungan Takaki dan Akari kian menjauh. Akankah Takaki dan Akari dapat bertemu kembali? (kompas.com)

Suatu hari kita akan melihat bunga sakura bersama-sama. Dia dan aku tanpa ragu.

Akari di 5 Centimeters per Second.

 

Itu dia rekomendasi film anime Makoto Shinkai untuk menemani akhir pekan. Keempatnya bisa kalian lihat di YouTube!

 

Baca Juga : Mengenal Edo Furin, Lonceng Angin Khas Musim Panas dari Tokyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *