wordpress.com vs wordpress.org manakah yang terbaik?

KETIKS.COM – Ketika kita ingin membuat sebuah website dengan menggunakan wordpress mungkin kita akan bingung sebaiknya pilih wordpress.com atau wordpress.org. Lantas, wordpress.com vs wordpress.org manakah yang terbaik?. Berikut ulasan lengkapnya,

WordPress.com vs WordPress.org

Jika kita menggunakan wordpress.com maka semua urusan maintenance sudah di handle oleh pihak wordpress nya itu sendiri. Sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai pembaharuan. Namun, jika kita menggunakan wordpress.com kita akan disuguhkan oleh pilihan paket yang lumayan mahal. Untuk dapat menampilkan iklan harus memilih paket setidaknya paket premium. Yang mana paket premium pada wordpress.com itu sendiri adalah Rp. 89.400 per bulan yang dibayarkan pertahun. Akan tetapi dalam paket premium tersebut dengan harga segitu kita belum bisa me-instal plugin. Jika ingin me-instal plugin harus memilih paket bisnis yang harganya lebih mahal lagi dari paket premium.

Sedangkan, jika kita menggunakan wordpress.org maka kita akan menemukan bahwa dengan wordpress.org, kita akan mendapatkan perhitungan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan wordpress.com. Pada dasarnya wordpress.org merupakan sebuah sofwtware open source. Namun, untuk dapat menggunakannya kita harus mempunyai hosting sendiri. Yang mana ketika kita sudah mempunyai hosting sendiri kita dapat me-instal software wordpress dalam hosting dan dapat menggunakannya. Tetapi perlu kita ketahui pada wordpress.org semua maintenance dan pembaharuan kita yang me-handle nya sendiri. Tapi, dengan mempunyai hosting sendiri kita bisa bebas berkreasi semau kita. Dan juga sudah pasti kita dapat me-instal plugin tanpa harus membayar mahal seperti wordpress.com.

Namun, sebelum itu kita harus mengerti cara mengelola hosting kita nantinya. Kalau kami sendiri menggunakan wordpress.org karena menurut kami wordpress.org lebih value for money karena murah tapi mendapatkan fasilitas berlimpah dan bisa lebih bebas dalam berkreasi. Untuk hostingnya sendiri kami menggunakan niagahoster dengan layanan shared hosting paket personal. Yang mana kami langganan 3 tahun Dan kebetulan ada potongan 75% sehingga kami hanya membayar Rp.1 juta. Hal itu juga sudah termasuk domain gratis selama 1 tahun dan juga ssl gratis selamanya. Kamu juga bisa mendapatkan diskon 75% dalam paket 3 tahun. Kamu bisa kunjungi referral link berikut -> niagahoster lalu pilih unlimited hosting. Kemudian pilih personal, lalu kamu juga bisa memasukan kode 5nh pada kupon diskon tambahan saat checkout sehingga kamu bisa dapat tambahan diskon sebesar 5%.

Kesimpulan

WordPress.com memberikan kemudahan dalam mengelola website karena kita tidak harus mempunyai hosting dan juga kita tidak harus melakukan maintenance. Sedangkan wordpress.org memberikan kita keleluasaan dalam mengelola website dan bebas untuk berkreasi. Namun, kita harus mempunyai hosting dan juga melakukan maintenance sendiri. Pada sisi lain, dengan wordpress.org dapat memungkinkan website kita akan lebih profitable jika kita mengerti mengelolanya.  Jadi, wordpress.com vs wordpress.org manakah yang terbaik? setelah membaca artikel ini kamu pasti sudah tahu jawabannya bukan?. Jangan lupa like dan share postingan ini ya. Jika masih ada yang bingung silahkan comment di kolom komentar ya.

 

Lihat juga : Sony a7 vs Sony a6400 Manakah yang Harus Dibeli?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *