Retinol dan Niacinamide, Aman?

KETIKS.COM – Hola beauty enthusiast! Bicara tentang skincare memang tidak akan pernah ada habisnya. Akan selalu bertemu dengan berbagai merk dan berbagai kandungan yang menawarkan sesuai jenis kulit, misalnya vitamin c, niacinamide dan retinol. Dan tentunya masing-masing orang memiliki produk yang menjadi favorit ketika membeli skincare. Namun pernahkah berpikir apakah produk-produk tersebut aman apabila dalam penggunaannya berbarengan dengan produk-produk lainnya? (Va)

Retinol dan Niacinamide, Aman?

Saat ini, kandungan pada skincare yang sedang hits di Indonesia adalah Retinol dan Niacinamide. Melansir dari blog avoskinbeauty bahwa kedua kandungan tersebut merupakan bahan aktif yang banyak terdapat pada produk perawatan kulit. Kedua bahan aktif ini sama-sama dapat mengatasi jerawat, mengurangi tanda penuaan, meratakan warna kulit, dan mengurangi noda hitam atau kemerahan.

Niacinamide  atau nicotinamide adalah bentuk dari vitamin B3 (niasin) yang larut dalam air. Niacinamide ini membantu memperbaiki DNA yang rusak dan mengontrol proses peradangan dalam tubuh, hal ini membantu meredakan iritasi atau kemerahan pada kulit.Beberapa penelitian menyebutkan bahwa niacinamide dapat mengurangi aktivitas sel yang menghasilkan minyak hasil kelenjar sebasea. Hal ini tentu saja dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Bercak kehitaman seperti flek di wajah dapat memudar karena zat aktif dapat menghambat enzim dalam produksi melanin.

Serum Mengandung Niacinamide
Contoh produk dengan kandungan niacinamide Sumber : avoskin.beauty.com

Sedangkan retinol melansir dari bmderma.com merupakan turunan vitamin A yang membantu merangsang regenerasi sel kulit. Pergantian sel yang meningkat dapat memperbaiki penampilan kulit, membantu mencegah atau menyembuhkan jerawat, dan memudarkan bintik-bintik hitam/hiperpigmentasi pada kulit. Tidak hanya itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim yang menghancurkan kolagen, bahkan dapat meningkatkan proses sintesis kolagen.

Efek ini banyak orang yang menyukainya karena dapat mencegah atau meminimalkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus pada wajah. Namun dalam penggunaannya perlu berhati-hati jika menggunakan produk yang memiliki kandungan retinol, karena retinol dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, kemerahan, sensasi perih seperti terbakar, kulit terasa kering bahkan terkelupas.

Serum dengan kadungan retinol
Contoh produk dengan kandungan retinol Sumber : cnf.com

Apakah keduanya aman bila digabung?

Melansir dari avoskin beauty Kedua bahan aktif tersebut aman jika kandungan retinol dan niacinamide terdapat dalam satu produk. Misalkan serum dengan kandungan aktif retinol dan niacinamide, adalah amandari sisi kedua kandungan itu. Kabar baiknya, efek samping iritasi/kering yang berasal dari retinol dapat berkurang jika penggunaannya berbarengan dengan niacinamide. Jadi kombinasi zat aktif antara retinol dan niacinamide ini memang aman dan dapat memberi banyak manfaat untuk sebagian besar jenis kulit.

Beberapa pabrik juga mengeluarkan produk yang sudah menggabungkan retinol dan niacinamide dalam satu kemasan. Jadi, retinol dan niacinamide aman bersamaan jika terdapat dalam satu produk.Namun, jika kamu menggunakan bahan aktif ini dalam produk terpisah, sebaiknya menggunakan niacinamide terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan retinol. sehingga niacinamide dapat melindungi kulit dari efek samping retinol. Untuk hasil terbaik, sebaiknya ikuti petunjuk produk atau ikuti saran dari dokter saja ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *