Micellar water atau cleansing oil dan balm? Mana yang dipilih?

KETIKS.COM – Hola beauty enthusiast! Salah satu step penting dalam skincare adalah Double Cleansing. Nah apakah masih terdapat kebingungan dalam memilih produk untuk double cleansing saat step pertama? Berbagai produk untuk double cleansing sebelum menerapkan facial wash atau mencuci muka bisa dengan micellar water, cleansing balm ataupun cleansing oil. Lalu bagaimana efektivitas dari ketiga produk tersebut? (Va)

Micellar water atau cleansing oil dan balm? Mana yang dipilih?
Sumber : beautynesia.com

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan beauty enthusiast, kita kenali terlebih dahulu apa itu Micellar Water, Cleansing Balm ataupun Cleansing Oil.

1. Micellar Water

Contoh produk micellar water
Sumber : lookfantastic.com

Micellar water adalah partikel-partikel minyak yang berukuran sangat kecil yang tersuspensi dalam air. Tekstur micellar water yang sangat cair ini mampu melarutkan dan mengangkat make up dari wajah. Namun, karena terlalu cair serta berbahan dasar air, micellar water tidak cukup sekali usap untuk membuat wajahmu benar-benar bersih.

Tips membersihkan wajah dengan micellar water adalah kamu harus mengulangi kegiatan pembersihan wajah hingga berkali-kali. Micellar water juga tidak cukup ampuh mengangkat make up yang bersifat waterproof seperti maskara, eyeliner, maupun lipstik matte. Kelebihannya, micellar water tidak akan membuat wajahmu berminyak ataupun kering.

2. Cleansing Oil

Contoh produk cleansing oil
Sumber : muslima.beauty

Berbeda dengan micellar water yang sebagian besar berbahan dasar air, cleansing oil sepenuhnya berbahan dasar minyak murni seperti coconut oil atau baby oil. Meski terbuat dari minyak, cleansing oil punya formula khusus agar dapat larut dalam air. Jadi kamu tidak perlu khawatir wajah akan berminyak setelah memakai cleansing oil.

Seperti namanya, cleansing oil adalah pembersih wajah yang mengandalkan bahan dasar minyak untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup. Cleansing oil dapat melarutkan minyak lain yang menempel di wajah seperti kotoran, sebum serta makeup waterproof dengan efektif tanpa membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. cleansing oil adalah pembersih wajah yang mengandalkan bahan dasar minyak untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup. Sedangkan

3. Cleansing Balm

Contoh produk cleansing balm
Sumber : beautynesia.id

Cleansing balm tidak jauh berbeda dengan cleansing oil. Namun jika cleansing oil berbentuk liquid, cleansing balm  memiliki bentuk krim atau bahkan yang kemudian meleleh menjadi minyak saat diaplikasikan ke wajah. Sebenarnya, cleansing balm adalah cleansing oil yang dipadatkan. Sama-sama berbahan dasar minyak, bentuk cleansing balm sama seperti body butter dan sangat dianjurkan untuk menggunakan cleansing balm sebagai first cleanser.

Di dalam cleansing balm terdapat petroleum jelly yang cocok untuk kulit kering. Cleansing balm hampir sama cara kerjanya dengan cleansing oil, yaitu mampu mengangkat make up waterproof. Satu hal  jika memakai cleansing balm kulit akan terjaga kelembapannya dengan sangat baik. Pembersih ini juga ampuh  membersihkan makeup waterproof karena memiliki bahan dasar minyak. Namun cleansing balm lebih praktis dan aman untuk dibawa-bawa karena bentuknya yang solid membuatnya tidak mudah tumpah saat dibawa bepergian.

 

Pembersih wajah yang terbaik adalah pembersih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit. Apabila jarang berdandan dengan makeup tebal dan menyukai produk yang praktis, maka micellar water dapat menjadi pilihan. Namun jika menginginkan pembersih yang mampu membersihkan wajah secara mendalam, cleansing oil adalah pilihan yang tepat. Sedangkan jika menginginkan produk yang praktis dan mudah dibawa-bawa, sebaiknya pilih produk cleansing balm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *