Sumber : beautynesia

KETIKS.COM – Tepat tanggal 3 Juli, pemerintah menerapkan kebijakan PPKM darurat guna menangani lonjakan kasus covid-19 yang semakin hari semakin melonjak. Kebijakan tersebut berpengaruh bagi semua sektor karena harus kembali menjalankan aktivitasnya dari rumah. Bagi sektor pendidikan, masa PPKM darurat terjadi saat masa liburan sekolah, akibatnya liburan sekolah hanya bisa berdiam diri di rumah karena kebijakan PPKM darurat yang tidak mengizinkan masyarakat untuk keluar masuk kota kecuali mempunyai alasan yang mendesak. (Va)

Tentu, liburan di rumah akan sangat bosan apabila tidak mengerjakan apa-apa. Daripada bosan dan tidak menghasilkan apapun kita bisa mengikuti berbagai kegiatan berbasis daring misalnya magang yang menerapkan sistem full remote atau volunteer yang dilaksanakan secara virtual dan juga pelatihan-pelatihan. Tentu masing-masing dari kegiatan tersebut mempunyai plus dan minusnya masing-masing. Saat ini terdapat pelatihan gratis dari ai4impact.id yang bernama Revolusi Edukasi dan tentunya bisa membuatmu lebih produktif!

AI4IMPACT
Sumber : ai4impact.org

AI4IMPACT (ai4impact.org) adalah komunitasi AI global yang bermisi untuk membantu orang umum, terutama non-programmers belajar membangun aplikasi AI dunia nyata. Kantor pusatnya berada di Singapura. Saat ini ai4impact cabang Indonesia akan mengadakan bootcamp secara gratis bernama Revolusi Edukasi. Revolusi Edukasi adalah sebuah inisiatif untuk membangun pemuda-pemudi dan tenaga pendidik Indonesia terutama non-programmers belajar membangun platform pembelajaran digital secara tepat guna untuk institusi pendidikan dengan menggunakan medium chatbot. Inisiatif ini menjadi titik temu antara institusi pendidikan sebagai evaluator dengan pemuda-pemudi mahasiswa/pelajar sebagai problem solver. 

Filosofi Revolusi Edukasi
Sumber : ai4impact.id

Revolusi edukasi mendorong upaya transformasi digital, dimana SDM Indonesia dilatih untuk menjadi praktisi AI/digital yang dapat mendukung transformasi digital sekolah-sekolah dan institusi pemerintahan di Indonesia. Adapun Kuntungan dengan mengikuti bootcamp Revolusi Edukasi yaitu:

Untuk Sekolah/Pemerintah

  1. Memperoleh berbagai platform pembelajaran yang siap digunakan langsung.
  2. Mendapatkan akses SDM lokal teruji yang dapat membantu mengimplementasikan penggunaan chatbot untuk pembelajaran.
  3. Menerima informasi secara detail mengenai peningkatan performa pembelajaran.

Untuk Tenaga Pendidik

  1. Mendapatkan akses platform pembelajaran (termasuk source code) untuk membuat chatbot sendiri.
  2. Menjalin hubungan dengan pelajar dan mahasiswa untuk kolaborasi projek digital
  3. Mendapatkan ilmu dan observasi implementasi pembelajaran digital yang efektif.

Untuk Pelajar dan Mahasiswa

  1. Belajar cara membangun aplikasi AI/digital langsung dari AI Experts
  2. Membangun CV/Portofolio digital dengan track record industri sukses
  3. Menanamkan semangat dan kepercayaan diri untuk bergabung dalam ekosistem digital Indonesia.  Dan masih banyak lagi.

(Sumber : ai4impact.id)

Revolusi Edukasi
Sumber : ai4impact.id

Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan ya! Jadikan liburan saat masa PPKM darurat menjadi bermanfaat dan produktif. Informasi lebih lengkap bisa cek website ai4impact.prg/revolusi-edukasi. Yuk bersama-sama jadi penggagas untuk pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *