Basic Skincare untuk pemula

KETIKS.COM – Hola beauty enthusiast! Skincare memang sudah tidak asing lagi bagi kaum hawa. Sudah banyaknya produk skincare yang bertebaran di toko kecantikan, mall maupun drugstore membuat kita tidak kebingungan untuk mencari skincare. Agar kulit tetap sehat dengan bonus cerah, glowing dan lembap. Lalu bagaimana dengan kita yang masih pemula dan bingung dalam memilih skincare yang cocok mengingat bahwa sudah banyak sekali merk yang tersedia? (Va)

Seperti yang kita ketahui, biasanya kita mendengar banyak sekali macam-macam skincare seperti serum, toner, moisturizer dan lain-lain. Sebenarnya pemakaian skincare untuk pemula tidak serumit yang dibayangkan. Namun sebelum menentukannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit. Pada umunya ada empat macam jenis kulit yaitu: kulit bermiyak, kulit sensitif, kulit kering dan kulit kombinasi. Mengetahui jenis kulit terlebih dahulu akan membuat kita lebih mudah dalam menentukan skincare mana yang akan dipilih.

Basic Skincare untuk pemula
Sumber : voi.id

Untuk yang sudah lama mengenal dunia perskincarean pasti sudah tidak asing lagi dengan CTMP. Apa sih CTMP itu? CTMP adalah singkatan dari C : cleansing, T : toner, M : moisturizer, dan P : protecting. Basic skincare ini tidak boleh hilang dari step skincare kamu apabila menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Lalu apa makna dari CTMP tersebut?

C untuk Cleansing

Cleansing berarti membersihkan. Yang mana berarti membersihkan wajah dan dilakukan setelah berpergian dari luar rumah atau sebelum mandi.. Melansir dari farmaku.com bahwa mencuci wajah saat pagi hari dapat membantu mengurangi sisa minyak dan skincare yang menempel di malam hari. Sementara mencuci wajah di malam atau sore hari membantu membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel sepanjang hari. Pilihlah face wash yang sesuai dengan jenis kuli untuk memaksimalkan kerja produk di kulit wajah.

Tahapan Cleansing
Sumber : farmaku.com

Sebelum penggunaan facewash dalam penerapan cleanser  sangat menyarankan untuk melakukan double cleansing agar kotoran, debu maupun residu yang ada pada kulit wjaah dapat terangkat dengan maksimal. Double cleansing dapat berupa micellar water, cleansing oil maupun cleansing balm. Kulit akan lebih bersih, sehat dan terawat.

T untuk Toner

Toner juga penting penggunaannya selain untuk memaksimalkan lagi pembersihan kotoran-kotoran yang terdapat di kulit kita, toner juga dapat berfungsi sebagai pencegah kulit kering maupun mengatasi kulit berjerawat.

Toner dalam basic skincare
Sumber : alodokter.com

Melansir dari alodokter.com Toner merupakan produk perawatan kulit pada wajah dengan menggunakan kapas. Teksturnya encer, berbahan lembut, dan tidak iritatif, sehingga cukup aman untuk kulit wajah. Toner yang juga dikenal dengan nama astringentclarifieratau water refiner ini ternyata tidak hanya untuk membersihkan kulit, tapi juga memiliki beragam fungsi lain bagi kesehatan kulit seperti mencegah kulit kering dan mengatasi kulit berjerawat.

M untuk Moisturizer

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu skincare penting dalam basic skincare. Melansir dari hallosehat.com bahwa banyak orang yang rutin memakai pelembap (moisturizer), tetapi tak juga mendapatkan hasil yang maksimal. Ini mungkin karena cara pakainya yang keliru. Meski penggunaannya hanya dengan mengoleskan pada kulit wajah, pakai pelembap tak boleh sembarangan.

Moisturizer dalam basic skincare
Sumber : hallosehat.com

hallosehat juga menjelaskan bahwa masih banyak orang yang memakai moisturizer di kulit wajah namun  melewatkan bagian leher. Padahal, kulit leher merupakan perpanjangan dari kulit wajah yang juga memerlukan perawatan. Faktanya, cara tersebut tidak dianjurkan. Sebaiknya, gunakan satu oles pada wajah dan gunakan satu oles lagi untuk leher. Apabila setengah-setengah, bisa jadi nanti warna kulit leher dengan wajah akan jauh berbeda, alias belang.

P untuk Protecting

Tahapan akhir pada basic skincare dan termasuk tahapan yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Tabir surya atau sunscreen harus selalu dipakai meskipun tidak beepergian alias di rumah saja. Melansir dari hallosehat.com Sunscreen adalah tabir surya yang bertekstur lebih ringan dan tipis, serta tidak meninggalkan bekas warna keputihan (whitecast) layaknya sunblock. Krim sunscreen bekerja seperti spons yang akan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah terlanjut masuk ke dalam kulit.

Protection dalam basic skincare
Sumber : farmaku.com

Masih dari hallosehat.com bahwa Indonesia yang beriklim tropis membuat kita harus lebih giat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen (tabir surya). Jika tidak, kulit akan mudah gosong karena terbakar dan lebih cepat menua. Ketika akan membeli dan memakai sunscreen, perhatikan dulu kandungan SPF yang tertera di kemasan. Pilihlah suscreen yang memiliki minimal SPF 30. Sunscreen ber-SPF minimal 30 dapat menghalagi 97% sinar UVB si penyebab kulit gosong dan terbakar.

 

Apabila telahmelakukan tahap basic skincare di atas, perubahan tidak akan terjadi hanya dengan satu malam karena itu jangan berkecil hati terlebih dahulu. Untuk hasil yang maksimalt, usahakan untuk mengikuti rutinitas Anda setidaknya enam minggu. Yuk semangat pakai skincare mulai dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *