KETIKS.COM- Mungkin bagi sebagian orang, ketika melihat hewan yang satu ini merasa geli karena bentuk fisiknya yang menyerupai tikus. Namun, sebaliknya juga bagi sebagian orang lainnya melihat hewan ini akan sangat menggemaskan. Mengapa demikian? karena hewan merupakan hewan pengerat dengan bulu paling lembut dan mempunyai tubuh yang gemuk.

Hewan ini merupakan Chinchillidae atau yang biasa orang kenal dengan nama Chinchilla. Selain mempunyai bulu yang sangat lembut dari pada hewan lain yang ada, banyak sekali fakta unik lainnya mengenai hewan ini. Mau tahu apa saja fakta unik Chinchilla? Simak ulasan berikut.

Baca juga: Tidak Melulu Ukuran Besar, Inilah Daftar Hewan Terkuat di Dunia

Habitat Asli

Source by Ezoteriker.ru

Jika kamu beranggapan bahwa hewan satu ini mempunyai habitat asli di dataran rendah, anggapan tersebut salah. Habitat asli dari Chinchilla yaitu di area pegunungan Andes Andes yang ada di wilayah negara Chili, Bolivia, Peru dan Argentina. Mereka tinggal pada area dengan ketinggian 3000 hingga 5000 meter dari permukaan laut diantara celah bebatuan besar.

Karakter yang Berbeda

Source by IDN Times

Pada umumnya hewan-hewan lain mempunyai karakter yang sama antara jantan dan juga betina. Namun, berbeda dengan hewan yang satu ini. Chinchilla jantan dan juga betina memiliki karakter yang berbeda yaitu chinchilla betina lebih agresif dari pada jantan. Selain itu chinchilla betina sifat monogamous atau hanya kawin pada satu pejantan untuk seumur hidupnya. Sedangkan chinchilla jantan dapat kawin pada beberapa betina.

Memiliki Bulu Paling Lembut

Source by Brilio.net

Fakta unik berikutnya yaitu chinchilla merupakan hewan yang mempunyai bulu terlebat dan terlembut di dunia. Mengapa bisa demikian? Karena menurut National Geographic, bulu chinchilla sangat padat yang mencapai 50 rambut pada setiap folikel. Sehingga beradasarkan BBC, bulu mamalia ini mencapai 20.000 helai rambut setiap cm persegi yang sama seperti rubah kutub.

Mandi dengan Abu Vulkanik

Mempunyai bulu yang super lembut pastinya membutuhkan perawatan yang tidak main-main. Itu sebabnya chinchilla tidak boleh sembarang dimandikan. Ia harus mandi menggunakan abu vulkanik agar menjaga ketebalan dan kelembutan bulunnya. Jangan sekali-kali untuk memandikan chinchilla dengan air, karenadapat merusak keindahan bulunya.

Terancam Punah

Source by PetAnimalGuide.com

Karena bulunya yang begitu lembut dan juga lebat, kerap sekali hewan ini biakan hanya untuk diambil bulunya. Melihat hal itu Convention on International Trade telah membatasi perdangan Chinchilla sejak tahun 1975. IUCN pun menyatakan bahwa hewan ini sudah punah untuk mereka yang habitat aslinya Peru dan Bolivia. Namun, ia masih diprediksi masih berkembang pada daerah lainnya.

2 thoughts on “Fakta Unik Chinchilla, Hewan Pengerat yang Imut”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *