KETIKS.COM – Setiap negara memiliki mitos dan legendanya sendiri. Termasuk Korea Selatan, mereka memiliki makhluk mitologinya sendiri salah satunya adalah Jeoseung Saja.

Dalam bahasa Indonesia, Jeoseung Saja berarti ‘malaikat kematian’. Dalam mitologi Korea, Jeoseung Saja adalah sosok yang berperan penting dalam kejadian transisi antara hidup-mati manusia.Ia bertugas untuk mengantatrkan arwah mereka yang mati ke dimensi gaib.

Baca juga: Legenda Gumiho Siluman Rubah dari Korea

Namun, tidak hanya itu, Jeoseung Saja disebutkan adalah makhluk astral paling penting karena ia berstatus sebagai raja seluruh malaikat penjaga perbatasan dunia kehidupan dan dunia kematian.

Jeoseung konon memiliki perawakan besar dan tinggi, dengan menggunakan jubbah hitam dan selalu membawa garpu tala besar. Ia tidak bersayap namun dapat terbang.

Selain atribut-atribut di atas, penampakan wajah dan badannya selalu berubah. Saat menjemput arwah seseorang yang baik, ia akan menampakan wajah elok nan gagah dengan senyum yang berseri-seri. Dengan penampakan itu, setiap arwah tahu bahwa wajahnya menggambarkan keselamatan (dasar emang Korea, pasti deh ga bisa lepas dari penampilan wajah).

Sebaliknya bila menjemput arwah seorang yang jahat, maka ia akan muncul sebagai sosok yang sangat menyeramkan dan mencekam. Sorotan matanya yang tajam dan gelap, serta gigi-giginya yang hitam seolah memberitahu arwah tersebut bahwa ia akan celaka.

Konon setiap Jeoseung Saja hendak menjemput arwah, ia selalu menyekap arwah itu dengan kabut putihnya.

Ada banyak drama yang terinspirasi dari Jeoseung Saja, diantaranya adalah Goblin, Arang and the Magistrate, Black, 49 Days, serta Mystic Pop-Up Bar.

Sumber: m.kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *