KETIKS.COM – Mitologi dari berbagai negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Dan tidak jarang dalam sebuah mitologi banyak muncul sosok berupa wanita yang memiliki suatu tugas khusus. Begitu pula dalam mitologi Irlandia.

Banshee, si wanita pembawa pesan kematian

Sosok Banshee adalah roh wanita dan banyak orang percaya ia sebagai pertanda kematian. Banshee biasa terlihat di pedesaan dan akan terdengar meratap ketika ia meramalkan kematian.

Kata banshee berasal dari bahasa Irlandia bean sí (diucapkan ban-shee) yang berarti wanita peri gundukan. Ia bisa tampil dalam berbagai samaran. Terkadang sebagai wanita muda yang cantik, seorang ibu rumah tangga yang anggun atau bahkan sebagai wanita yang menakutkan dan jelek.

Ia biasanya mengenakan jubah bertudung abu-abu atau putih. Meskipun tidak selalu terlihat, tangisan duka biasanya terdengar di malam hari ketika seseorang akan meninggal.

Banyak orang mempercayai bahwa ia hanya muncul untuk memilih sejumlah keluarga. Yaitu keluarga utama Irlandia, O ’Neills, O’ Connors, O ’Briens, O’ Gradys, dan Kavanaghs. Namun sebenarnya daftar ini bervariasi tergantung pada siapa yang menceritakan kisah tersebut!

Banshee tergolong sebagai makhluk yang tidak akan menyakiti orang yang ia temui.

Mungkin Banshee yang menakutkan adalah jenis yang kebanyakan dari kita kenal. Biasanya mereka adalah para wanita memiliki alasan untuk membenci keluarga mereka ketika masih hidup. Mereka muncul sebagai penampakan menakutkan dan penuh dengan kebencian.

Baca juga : Elysian Fields Tempat Peristirahatan Roh Pahlawan

Raungan yang ia keluarkan cukup untuk membuat tubuh menggigil ketakutan. Bahkan bukannya muncul untuk memperingatkan anggota keluarga, Banshee ini merayakan kematian seseorang yang mereka benci di masa depan!

Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua Banshees penuh kebencian. Ada pula beberapa yang memiliki ikatan kuat dengan keluarga mereka ketika masih hidup. Lalu mereka terus menjaga keluarganya dalam kematian.

Ketika mereka menampakkan diri, para Banshee ini tampil sebagai wanita cantik yang mempesona. Ia akan menyanyikan lagu sedih menyayat hati yang penuh dengan kepedulian dan cinta untuk keluarga mereka.

Lagu ini dapat terdengar beberapa hari sebelum kematian salah satu anggota keluarga. Dan kebanyakan kasus nyanyian tersebut hanya dapat terdengar oleh orang yang dituju.

Sumber: Zetizen Radar Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *