KETIKS.COM – Baru-baru ini telah beredar luas sebuah foto yang terlihat seekor komodo yang sedang menghalangi truk besar pada berbagai media sosial. Foto ini berawal dari salah satu akun media sosial twitter yang bernama @KawanBaikKomodo. Foto tersebut sudah terpublikasi pada tanggal 23 Oktober 2020 yang lalu.

 

Postingan Twitter dari @KawanBaikKomodo

 

Usut punya usut, ternyata foto tersebut memang benar adanya. Truk tersebut merupakan salah satu armada dalam proyek pembangunan konservasi sekaligus penelitian yang terdapat di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Proyek tersebut merupakan salah satu proyek rancangan dari kepemerintahan bapak presiden RI, Joko Widodo.

Bersumber dari laman berita situs Kementerian PUPR, pembangunan sarana dan prasarana pada Pulau Rinca tersebut merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN akan terencana secara terpadu. Baik itu dalam penataan kawasan lingkungan, jalan, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, air bersih, serta sanitasi.

 

Baca Juga : NBA Akan Membuka Season Baru Kemungkinan Pada 22 Desember

 

Demi mendukung pengembangan infrastruktur pada Pulau Rinca, Oleh karena itu kementerian PUPR melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan KLHK.

 

“Melalui PKS ini, pengembangan Pulau Rinca sebagai destinasi wisata premium berkelas dunia dapat terlaksana secara terpadu dengan mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan,” Ujar Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan KLHK Wiratno.

 

Selain itu, pada kunjungannya ke Nusa Tenggara Timur pada tanggal 1 Oktober 2020 yang lalu. Presiden Joko Widodo juga mengontrol atas penataan kawasan wisata Labuan Bajo. Pada saat jumpa pers, beliau juga sempat menyinggung pasal Pulau Rinca.

 

“Juga penataan di Pulau Rinca di mana kita bisa melihat Komodo, juga dilakukan penataan yang disesuaikan semuanya ini dengan alam yang ada di lingkungan kawasan itu sehingga kelihatan sangat natural, siapa pun yang berkunjung, dan kawasan Labuan Bajo akan menjadi sebuah kawasan yang betul-betul memang premium,” Ujarnya.

 

Video Penampakan Desain Proyek Bangunan Wisata Komodo

 

Mendengar hal ini, Koordinator Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Edo Rakhman pun mengemukakan kekecewaannya terhadap proyek yang katanya bernama “Jurassic Park” ini. Ia berpendapat bahwa langkah tersebut merupakan konsep yang keliru karena pemerintah seharusnya mempertahankan habitat asli hewan endemik komodo pada kawasan tersebut.

 

“Konsep pengembangan ini yang menurut kami sangat-sangat keliru diambil oleh Presiden Jokowi, habitat alami harusnya dipertahankan jika tetap ingin hewan kadal raksasa ini menjadi kebanggaan Indonesia,” kata Edo lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com

 

Ia juga berpendapat bahwa langkah Jokowi melakukan komersialisasi pariwisata saat ini merupakan sebuah kesalahan besar. Apalagi, menurutnya, pembangunan itu berpotensi menghilangkan sifat alamiah dari ekosistem Pulau Rinca.

Namun, setelah viralnya foto tersebut. Kepala BTNK (Balai Taman Nasional Komodo) telah menutup Pulau Rinca untuk sementara waktu. Terdengar kabar bahwa setiap orang yang ada dalam pulau tersebut tidak boleh untuk mengambil atau mengirim foto terbaru lokasi tersebut.

 

2 thoughts on “Komodo Hadang Sebuah Truk Besar? Apa yang Terjadi?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *