Program MSIB batch 1

KETIKS.COM – Halo mahasiswa-mahasiswi Indonesia! Seperti yang kita tahu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan program bernama Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Melansir dari Edukasi Sindonews bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3/2020 Pasal 15 ayat 1 terlaksana dalam program studi dan di luar program studi. Dalam implementasinya, terdapat 8 jenis kegiatan pembelajaran pengganti SKS (satuan kredit semester), tiap kegiatannya dapat setara dengan 20 SKS. Kegiatan tersebut meliputi 1.) Pertukaran pelajar,  2.) Magang atau praktik kerja, 3.) Kampus Mengajar 4.) Penelitian atau riset  5.) Proyek kemanusiaan 6.) Kegiatan wirausaha  7.) Studi/proyek independen, dan 8.) Membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT). (Va)

Apa Itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka?
Sumber : sevima.com

Melansir dari laman dikti.kemendikbud Melalui 8 program, salah satunya adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Magang Bersertifikat adalah sebuah program magang yang sistemnya percepatan dan mengakselerasikan dengan pengalaman belajar yang terancang dengan baik. Adapun Studi Independen Bersertifikat adalah sebuah pembelajaran di kelas yang terancang khusus berdasarkan tantangan nyata yang sedang terjadi oleh mitra/industri.

Pada program MSIB batch 1, Kemendikbudristek telah bekerja sama dengan 42 mitra dari 160 mitra industri di seluruh Indonesia dan Internasional. Rencananya program MSIB batch 2 terlaksana pada Januari 2022 mendatang. Seperti melansir dari akun instagram @nurhadiirbath, Ketua Program Magang Studi Independen Bersertifikat di bawah:

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengikuti program Magang dan Studi Independen bersertifikat?

1. Siapkan Akun Kampus Merdeka

Ketika ingin mendaftar program Kampus Merdeka wajib memiliki akun Kampus Merdeka terlebih dahulu. Pendaftaran bisa seorang diri atau mendaftar kepada pihak universitas. Biasanya apabila kita sudah mengetik kata kunci, Kampus Merdeka akan langsung mendeteksi dan menampilkan data-data yang telah kita masukkan ke DIKTI. Pastikan data di akun tersebut sama dengan data saat ini. Apabila terdapat perbedaan dapat menghubungi universitas setempat.

Halaman depan akun kampus merdeka
Sumber : cdc.trisakti.ac.id

2. Siapkan CV Terbaik yang ATS Friendly

Saat melamar pekerjaan tentu CV menjadi poin penting dan utama. Tanpa CV mitra atau perusahaan tidak akan tahu seperti apa dan bagaimana pengalaman sang pelamar magang. Namun, pembuatan CV juga tidak boleh sembarangan. Data harus bersifat real tidak di buat-buat karena perusahaan bisa mengetahui mana yang palsu dan mana yang asli. Buatlah CV dengan ATS Friendly, Melansir dari Blog Cicil ATS sendiri adalah singkatan dari Applicant Tracking System, yaitu sebuah sistem yang dapat membantu pekerjaan HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Biasanya, perusahaan-perusahaan berskala besar memakai sistem ini.

Maksud dari CV yang ATS friendly sendiri yaitu CV yang kamu miliki bisa terbaca oleh sistem, sehingga mempunyai peluang untuk lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya. Agar bisa terbaca oleh ATS, setidaknya CV harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Dibuat dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, ATS akan lebih mudah membaca isi CV kamu, seperti skillatau pengalaman kamu.
  2. Nggak lebih dari dua lembar. Banyaknya halaman juga akan mempengaruhi keterbacaan dari CV kamu.
  3. Memakai jenis font standar. Yap, tujuannya agar dapat terbaca oleh sistem. Gunakan font seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, atau font standar lainnya. Ukuran font juga jangan kurang dari 11.
  4. Mencantumkan kontak. Data diri juga bagian yang wajib ada di bagian atas CV yang berisikan nama, alamat email, dan nomor telepon.
  5. Desain CV yang simple. Keterbacaan juga akan dipengaruhi dari pemilihan warna CV. Biasanya, CV yang ATS friendlyhanya memakai warna hitam putih aja.
Cara Membuat CV yang ATS Friendly untuk Mahasiswa
Sumber : blog.cicil.co.id

3. Surat Keterangan Organisasi Juga Tak Kalah Penting

Meskipun opsional, namun surat keterangan organisasi juga dapat menjadi poin plus bagi pelamar. Ini dapat menjadi bukti bahwa pelamar mempunyai pengalaman di bidang yang tertera pada surat keterangan organisasi tersebut. Biasanya perusahaan akan lebih memilih pelamar yang mempunyai pengalaman daripada yang tidak sama sekali. Meskipun pengalaman biasanya sudah tertera pada CV. Namun, dengan mengunggah surat rekomendasi dapat memperkuat CV yang telah diunggah sebelumnya.

Contoh Surat Pernyataan Organisasi - Contoh Surat
Sumber : contoh-surat.com

Bagaimana? Sudah siap untuk ambil kendali bersama Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 2?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *