KETIKS.COM – Museum merupakan sebuah tempat berkumpulnya benda-benda yang memiliki nilai sejarah atau seni yang tinggi. Kegunaan museum biasanya sebagai tempat untuk kegiatan riset, koleksi dan pameran untuk edukasi/pembelajaran/sekedar untuk kesenangan. Indonesia memiliki banyak sekali museum yang beraneka ragam. Masing-masing museum memiliki keunikannya tersendiri berkat barang-barang yang mereka pamerkan dalam museum tersebut. Dan pada tanggal 12 Oktober ini merupakan peringatan Hari Museum Nasional.

Ingin tahu kenapa hari ini menjadi hari Museum Nasional? Mari kita simak artikel berikut ini!

 

Lihat Juga : Batik Khas Daerah yang Ada di Indonesia

 

Pada awalnya, peringatan Hari Museum Internasional jatuh setiap tanggal 18 Mei. Mulanya, Dewan Museum Internasional atau International Council of Museum (ICOM) menetapkan tanggal 18 Mei sebagai Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD) pada tahun 1977.

Penetapan hari Museum Internasional bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap peran museum pada perkembangan saat ini dalam skala internasional

 

Museum Angkut Malang, Source : Pinterest

 

Tidak hanya itu. Sebelumnya Indonesia juga telah menetapkan Hari Museum secara Nasional yaitu jatuh pada tanggal 12 Oktober. Ketetapan ini berasal dari hasil rapat Musyawarah Museum se-Indonesia yang pertama kali terselenggara pada tahun 1962 di kota Yogyakarta.

Tau ga sih? Awal mula berdirinya Museum itu berguna sebagai tempat menyimpan barang-barang koleksi milik individu, keluarga, dan bahkan hingga institusi yang kaya raya. Barang-barang tersebut biasanya merupakan benda langka, karya seni, atau bahkan artefak.

For your information nih, di Indonesia, museum yang pertama kali dibangun adalah Museum Radya Pustaka. Selain itu, ada pula Museum Gajah yang koleksinya terbilang paling lengkap  se-Indonesia. Lalu Museum Wayang, Persada Soekarno, Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia.

3 thoughts on “12 Oktober 2020 : Hari Museum Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *